Our social:

Selasa, 02 Maret 2021

Konservasi Energi

 Yo ngaku, siapa diantara kalian yang sering membiarkan lampu atau TV menyala, padahal saat itu kalian tidak sedang berada di dalamnya dan tidak meliat TV? Asal tahu saja, apa yang kalian ini sejatinya merupakan sebuah tindakan pemborosan energi, yang akan berdampak pada banyak hal termasuk meningkatnya suhu global. 

Peningkatan suhu global sendiri akan menyebabkan perubahan-perubahan lain seperti naiknya permukaan air laut, intensitas fenomena  cuaca ekstrim, dan lainnya. Pastinya tidak mau, bukan? Karena itu, konservasi energi pun menjadi penting untuk dilakukan.



Konservasi energi atau penghematan energi sendiri merupakan tindakan untuk mengurangi jumlah penggunaan energi baru, terbarukan dan tak terbarukan demi keberlangsungan kehidupan manusia dan lingkungan sekitarnya.

Menghemat energi  berarti tidak menggunakan energi listrik untuk suatu hal yang tidak berguna. Penghematan energi dapat dicapai dengan penggunaan energi secara efisien dimana manfaat  yang sama diperoleh dengan menggunakan energi  lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi  konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi.

Penghematan energi dapat menyebabkan berkurangnya biaya, serta meningkatnya nilai lingkungan, keamanan negara, keamanan pribadi, serta kenyamanan. Organisasi-organisasi serta perseorangan dapat menghemat biaya dengan melakukan penghematan energi, sedangkan pengguna komersial dan industri dapat meningkatkan efisiensi dan keuntungan dengan melakukan penghematan energi.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, dengan bahasa-bahasa santun