Our social:

Jumat, 05 Maret 2021

PEMBUATAN PUPUK ORGANIK di SMPN 1 TUTUR

 

Pupuk organik adalah pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa -sisa tanaman, hewan, dan manusia. Pupuk organik dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Pupuk organik mengandung banyak bahan organik daripada kadar haranya.

 


Pembuatan pupuk organik yang dilakukan oleh warga sekolah SMP Negeri 1 Tutur memiliki tujuan untuk melestarikan lingkungan agar lebih terpelihara dan menjaga unsur hara didalam tanah. Selain itu pembuatan pupuk organik yang dilakukan di SMP Negei 1 Tutur juga mendukung Program Adiwiyata Nasional yang bertujuan untuk merawat dan melestarikan lingkungan sekitar.

 

Bahan-bahan yang di gunakan dalam pembuatan pupuk organik diantaranya, Sekam 25 Kg, Kotoran Hewan 30 Kg, Abu arang 25 Kg, Tanah Subur 25 Kg, Air 15 Liter serta membutuhkan laruran EM4 untuk proses fermentasinya.

 

Langkah-langkah pembuatan pupuk organik sendiri cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan menjadi satu di dalam sebuah tempat yang tertutup atau bisa juga menggunakan terpal sebagai alas dan juga penutup agar proses fermentasi cepat berlangsung. Setelah itu tunggu sampai 20 hari, menudian pupuk organik sudah dapat digunakan. Mudah bukan? Yuk beralih menggunakan pupuk organik agar lingkungan kita lebih terpelihara. 

 

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, dengan bahasa-bahasa santun