Our social:

Sabtu, 28 Agustus 2021

Peringati Kemerdekaan RI SMPN 1 Tutur Gelar Beragam Lomba Virtual Seru, Tarik Tambang Online Banjir Antusias

Merupakan tahun kedua digelar selama pandemi, lomba virtual dalam rangka peringatan kemerdekaan RI ke-76 banjir antusiasme dari peserta didik. Lomba-lomba yang melibatkan seluruh peserta didik SMP Negeri 1 Tutur ini berlangsung  23-28 Agustus 2021.  Terdiri dari lima lomba yaitu story telling, senandung lagu kemerdekaan, poster, tiktok kemerdekaan, dan yang terbaru ada tarik tambang online.

 

Teknis lomba hampir sama seperti tahun lalu. Yaitu, peserta didik mengupload karya-karya sesuai lomba yang diikuti di media sosial instagram. Setiap lomba memiliki tema yang berbeda-beda. Salah satunya Tiktok Kemerdekaan yang mengusung tema “sekali merdeka tetap merdeka”. Sementara itu, lomba Desain Poster tahun ini bertema “Semangat Kemerdekaan”.

 

Lomba-lomba yang diselenggarakan tidak sekedar membuat anak mengingat kembali bahwa Indonesia pernah dijajah, bangkit, berjuang, dan akhirnya merdeka. Tetapi lebih jauh, mereka secara tidak langsung belajar semangat para pahlawan dan menerapkan semangat itu untuk menjadi siswa yang kreatif, inovatif, dan mampu berkontribusi mengisi kemerdekaan.

https://www.instagram.com/tv/CS8yr_WBhiv/?utm_source=ig_web_copy_link


Berbeda dengan tahun lalu, keseluruhan lomba terutama yang berhubungan dengan video seperti tiktok kemerdekaan makin berdinamika. Peserta didik terlihat makin inovatif dan kreatif saat mengedit dan memilih konsep video. Di lomba tiktok kemerdekaan pun tidak hanya memperlihatkan musik ajeb-ajeb atau joget-joget saja. Melainkan konsep dan pesan mendalam yang terdapat dalam video.

“Tidak disangka, anak-anak mampu membuat video yang maknanya dalam dan mengejutkan. Editing videonya pun bagus, “ tutur Sofiah Nur K., salah satu juri dalam lomba 17 agustusan.


Nah yang paling membuat heboh dan penuh persaingan adalah lomba tarik tambang online. Merupakan ide dari Dita W dan Silvia A.M yang merupakan guru muda kreatif SMPN 1 Tutur, tarik tambang online peserta didik berlomba-lomba untuk mendukung kelas masing-masing. Tak hanya itu, peserta didik bahkan meminta orang tua, keluarga, kerabat, bahkan teman-teman yang dikenal untuk mendukung kelas mereka.

Teknik lomba tarik tambang online ini adalah teknik polling melalui story Instagram @smpn1tuturpasuruan. Dua kelas berebut memenangkan polling tertinggi. Siapapun boleh memberikan polling dengan syarat mengikuti instagram @smpn1tutur terlebih dahulu. Di hari suatu kelas dilombakan, hampir setiap anggota kelas bahu-membahu mengumpulkan dukungan. Persaingan ketat membuat kompetisi tarik tambang online ini menjadi seru.

1 komentar:

  1. Semangat kemerdekaan dari anak-anak hebat SMPN 1 Tutur jadi penyemangat bapak ibu guru juga
    Selamat atas kreasi dan inovasi kalian ... Kobarkan jiwa Nasionalis untuk kejayaan Indonesia ....

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, dengan bahasa-bahasa santun