Our social:

Senin, 18 April 2022

Guru Berbagi

 

Berbagi kegiatan di Pendidikan Guru Penggerak 

Modul 3.1.a.6 Refleksi Terbimbing: Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

Pada Modul ini kami diminta untuk merefleksi tentang Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran dengan petunjuk :

Dari delapan pertanyaan yang ada, pilihlah minimal empat pertanyaan sebagai bahan refleksi Anda.

1. Bagaimana/sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep yang telah Anda pelajari di modul ini, yaitu: dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Adakah hal-hal yang menurut Anda di luar dugaan? Pemahaman saya terkait materi modul 3.1 ini sebenarnya saya sudah pernah melakukan dan mempraktekkannya, hanya saja belum tahu konsep yang sebenarnya dalam mengambil keputusan, selama ini saya hanya mengambil keputusan berdasarkan pemehaman seadanya yang saya miliki, ditambah dengan pengalaman orang lain yang ada disekitar saya, jadi sekedar tahu konsep-konsep dari pengambilan keputusan, belum begitu paham isi dari materi tersebut secara utuh. Yang menarik dari materi ini adalah bagaimana dan dasar apa yang harus diperhitungkan dalam pengambilan sebuah keputusan melalui 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah itu. Yang harus saya pahami betul sebelum mengambil keputusan.

4. Bagaimana dampak mempelajari materi ini buat Anda, perubahan  apa yang terjadi pada cara Anda dalam mengambil keputusan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran modul ini?Dampak dari mempelajari modul ini adalah saya belajar banyak poin-poin penting dalam mengambil keputusan, saya juga mulai paham apa yang harus saya lakukan sebelum mengambil sebuah keputusan dan apa saja yang perlu dipertimbangkan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang berpihak pada anak yang sesuai dengan nilai-nilai universal.  Perubahan yang saya alami yaitu sebelum mempelajari modul ini adalah dulu keputusan saya buat kadang hanya berdasarkan perasaan, sudut pandang, emosi saya saja, dan terkadang lebih dominan pada pengambilan keputusan saya pribadi. Setelah mempelajarinya saya jadi lebih paham apa yang sudah saya lakukan dulu kurang tepat, keputusan perlu diambil harus dalam kesadaran penuh bukan berdasarkan emosi sesaat. Dalam pengambilan keputusan juga perlu mempertimbangkan berbagai hal yang akan membantu pemecahan masalah. Keputusan yang dibuat diharapkan mampu diterima menguntungkan dan demi kebaikan berbagai pihak nantinya.

5. Seberapa penting mempelajari topik modul ini bagi Anda sebagai seorang individu dan Anda sebagai seorang pemimpin pembelajaran?  Mempelajari topik modul ini bagi saya sangat penting sebagai seorang individu maupun dalam peran saya sebagai pendidik sekaligus pemimpin pembelajaran. Dalam hubungan dengan individu lain pastinya  selalu dihadapkan dengan berbagai konflik yang mengharuskan kita untuk mengambil sebuah keputusan yang cermat dan tepat. Melalui modul ini saya memperoleh gambaran yang jelas tentang apa yang harus saya lakukan bila menghadapi sebuah dilema dalam pengambilan keputusan. Agar nantinya menghasilkan keputusan yang tepat dari hasil pemikiran yang sadar , bertanggung jawab dan sesuai dengan nilai-nilai universal.

6. Apa yang Anda bisa lakukan untuk membuat dampak/perbedaan di lingkungan Anda setelah Anda mempelajari modul ini?    Yang bisa saya lakukan untuk membuat dampak/ perbedaan di lingkungan saya setelah mempelajari modul ini adalah mencoba melakukan dan menerapkan konsep-konsep pengambilan keputusan tersebut dalam lingkungan saya. Menganalisa keputusan yang akan diambil dengan menerapkan 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Dilanjutkan Berbagi dengan teman sejawat tentang konsep-konsep pengambilan keputusan agar dapat membantu teman sejawat ketika mengalami situasi yang dilematis di lingkungan sekolah kita.

8. Adakah nilai-nilai kebajikan yang ditanamkan oleh orangtua anda atau bahkan kakek nenek buyut Anda yang menjadi karakter khas suku atau masyarakat dimana Anda tinggal? Bagaimana Anda sebagai seorang guru akan menggunakannya untuk membantu Anda dalam pengambilan keputusan? Nilai-nilai kebajikan yang ditanamkan oleh orangtua saya adalah Tanggung jawab, kesabaran, kasih sayang dan bersyukur. Sebagai seorang guru akan menggunakannya untuk membantu saya dalam pengambilan keputusan, saya harus bertanggung jawab atas keputusan yang saya ambil, saya juga harus mengambil keputusan dengan penuh kesabaran dan kasih sayang, tidak tergesa-gesa dan harus berpikir seandainya saya ada di posisi mereka, Dan saya terbiasa diminta bersyukur atas setiap permasalahan yang terjadi, sebab dengan mengalami masalah saya akan mendapat pelajaran berharga yang dapat saya petik untuk pembelajaran kehidupan dikemudian hari baik sebagai refleksi untuk diri sendiri maupun untuk dijadikan pelajaran buat murid-murid kita kelak..

Demikian Refleksi Terbimbing yang telah saya lakukan di LMS 

Semoga bermanfaat...

Salam dan Bahagia...


0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, dengan bahasa-bahasa santun