Our social:

Rabu, 15 Juni 2022

Guru Berbagi

 

Modul 3.2.a.7 Demonstrasi Kontekstual Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Oleh Nurul Farida CGP Angkatan 4 Kab. Pasuruan

 

Pemimpin pembelajaran dan pengelolaan sumber daya harus bisa memetakan aset di sekolah, yang akan digunakan meningkatkan mutu dan melaksanakan pembelajaran berpihak pada murid.

Saya akan memetakan aset SMP Negeri 1 Tutur Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Terletak di Jalan Raya Tutur No 14. Lokasinya  strategis, berada di lereng gunung Bromo, di tepi jalan raya Purwodadi-Nongkojajar dan mudah dijangkau. Pekerjaan penduduk mayoritas peternak dan petani. Dengan komoditas: susu sapi, apel,bunga krisan, kopi, cengkeh, dan sayuran.

 









Berikut pemetaaan aset-sumber daya yang dimiliki SMPN 1 Tutur:

1. Modal Manusia

Pada TP 2021/2022 SMPN 1 Tutur atau Spentur memiliki 1 KS, 35 guru, 11 karyawan, 669 murid.

* Guru dan karyawan

Sebagian besar menguasai dan menerapkan IT dalam pembelajaran.

Ikatan kekeluargaannya sangat erat. Kami mengadakan istighosah di rumah guru dan karyawan secara bergantian. Saling berkunjung bila ada yang kesusahan (sakit, meninggal dunia) maupun gembira (Menikah, punya anak, naik haji, dsb)

Apa yang kami kuasai? Selain memenuhi kualifikasi, linier, dan kompeten dibidangnya, sebagian menguasai pertanian, peternakan, dan perdagangan, yang merupakan pekerjaan sampingan sepulang sekolah.

* Murid

Jumlah 669 murid  terbagi dalam 21 rombel. Berasal dari kecamatan Tutur, Purwodadi, Puspo, dan Tosari. .

*Orang tua murid

Mendukung program dan berpartisipasi aktif dalam komite sekolah.

* Kepala sekolah

Sebagai manajerial, supervisor, dan kewirausahaan.

* Pengawas sekolah

Membimbing dan memotivasi warga sekolah .

  









2.
Modal Sosial

* Hubungan baik dengan pemerintah setempat: desa, kecamatan, kepolisian, koramil, dan puskesmas.

* Hubungan baik dengan instansi lain: bank, kantor pos, telkom, PDAM, sekolah terdekat (TK, SD, SMP, SMK)

* OSIS, MGMP, MGBK, MKKS

*Hubungan baik dengan orang tua, komite sekolah, alumni dan masyarakat sekitar.

* Tata tertib sekolah



3. Modal Fisik

* Bangunan gedung memenuhi standar

Ruang: KS, TU, guru, kelas, BK, OSIS, tamu, tunggu, Pos satpam, laboratorium, musholla, perputakaan, kantin, gudang, kamar mandi, dan tempat parkir.

* Sarana dan prasarana:

LCD, lapangan, taman, kebun, koperasi, gazebo, uks, saluran air, listrik, WIFI, tempat sampah, cuci tangan, meja kursi guru dan murid, komputer, televisi, CCTV, rak, lemari, mesin jahit dan alat olahraga dan drumband.

 

 


 

 

4. Modal Lingkungan/Alam

* Kondisi lingkungan

 Di pengunungan yang asri, sejuk, bersih, dan bebas polusi.

* Tanah

Subur, tanaman tumbuh dengan baik.

* Letak sekolah

Strategis dekat fasilitas umum seperti kantor desa, pertokoan, masjid, SMK, SD, TK, jalan propinsi



5. Modal Finansial

* Dana BOS

* Infaq berdasarkan kesepakatan walimurid

Dana BOS berperan utama dioptimalkan penggunaannya sesuai ketentuan untuk memajukan dan melaksanakan program sekolah.

 

6. Modal Politik

* Puskesmas

Secara rutin dan berkala, memberikan layanan kesehatan diantaranya: vaksinasi COVID 1 dan 2, pemberian obat, vitamin, vaksin Dipteri, serta penyuluhan kesehatan remaja dan Narkoba.

* Kepolisian

Penyuluhan tertib berlalu lintas dan Narkoba.

* Koramil

Pembinaan Latihan Baris Berbaris (LBB).

* PDAM

* PLN

 


 

7






7. Modal agama dan budaya

* Toleransi antar umat beragama

Di sekolah kami ada 3 agama yaitu Islam, Hindu, dan Kristen. Saling menghargai dan toleransi. Perbedaan agama tidak mempengaruhi apapun.

* Peringatan Hari Besar Agama

* Budaya diwarnai oleh Budaya Islam dan Hindu.

 


 

 





Terimakasih...salam dan bahagia

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, dengan bahasa-bahasa santun